fbpx

Menarik Perhatian HRD dengan Personal Website

Sumber: Tim Gouw dari unsplash.com

Dilansir dari artikel Forbes (2013), sekitar 56% HRD lebih tertarik dengan kandidat yang mempunyai personal website daripada yang tidak.

Sulit Menarik Perhatian HRD

Personal website dapat kamu coba sebagai solusi baru mempresentasikan Portofolio. Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu Portofolio?

Portofolio merupakan salah satu elemen utama yang menjadi pertimbangan HRD dalam memilih calon pegawainya. Namun, penting diketahui bahwa HRD tidak akan repot-repot membuka semua portofolio para pelamar. Hal tersebut menjadi masalah ketika portofolio yang kamu miliki tidak tersentuh sedikitpun karena dianggap ‘biasa saja’.

Portofolio dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, portofolio bisa menjadi senjata utama untuk menarik perhatian HRD. Portofolio merupakan sebuah bukti bahwa kemampuan yang tercantum dalam CV kamu bukanlah omong kosong belaka. Namun, apa jadinya jika portofolio yang sudah kamu buat sedemikian rupa diabaikan begitu saja?

Lalu, apa yang harus dilakukan? kamu dapat memilih bentuk portofolio yang akan kamu serahkan untuk lamaran pekerjaan, softcopy berupa file digital maupun hardcopy berupa dokumen fisik. Namun, pernahkah kamu mencoba menuangkan portofolio yang kamu miliki ke dalam sebuah personal website?

Sebagai Portofolio

Personal website merupakan portal digital berbasis website yang dimiliki oleh seorang individu. Data dari artikel Forbes sebelumnya membuktikan bahwa HRD memang benar-benar mempertimbangkan kandidat yang mempunyai situs web pribadi. Berikut beberapa manfaat menjadikan personal website sebagai portofolio.

Membangun Personal Branding

Situs web pribadi menjadi tempat yang dapat digunakan untuk membangun personal branding melalui portofolio yang kamu susun.

Sebagai contoh, kamu adalah orang yang hobi menulis. Hasil tulisan yang dibuat selanjutnya kamu publish di website agar dilihat banyak orang. Saat mereka melihat dan membaca tulisanmu, kamu akan dikenal sebagai penulis atau content writer.

Menarik Perhatian HRD

Memang, pengalaman dan nilai akademik merupakan beberapa pertimbangan utama dalam melamar pekerjaan. Namun, portofolio masih tetap menjadi poin penting, loh! Tergantung bagaimana kamu menyajikan portofolio tersebut agar dapat dilirik oleh HRD.

Personal website dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk memperlihatkan portofolio yang kamu punya. Efisien, modern, dan estetik menjadi nilai tambah jika kamu mempunyai portofolio dalam bentuk digital. Selain itu, HRD akan semakin mudah menilai seberapa besar usaha dan kreatifitasmu sehingga pantas untuk direkrut.

Tempat yang Sempurna Untuk Pekerja Kreatif

Pekerja kreatif memerlukan sebuah tempat untuk menampilkan hasil karya yang pernah mereka buat. Hal utama yang dinilai dari para pekerja kreatif yaitu pada hasil karyanya, sehingga portofolio merupakan hal yang lazim digunakan untuk menunjukkan kemampuan mereka. 

Lebih lanjut, hasil karya yang kamu tampilkan dapat mudah dilihat dan diketahui oleh banyak orang, sehingga kesempatan kamu dipertimbangkan oleh HRD atau mendapatkan panggilan dari klien yang tertarik dengan hasil karyamu akan semakin besar.

Personal Website Menunjang Karirmu

Personal website merupakan sebuah tempat yang cocok untuk menuangkan portofolio kamu. Portofolio dalam bentuk personal website dapat membangun personal branding dan menarik perhatian HRD saat kamu melamar pekerjaan. Selain itu, merupakan tempat yang sempurna bagi para pekerja kreatif menampilkan hasil karyanya. Yuk, segera buat personal website-mu di sini sekarang juga!

Penulis: Hibar Taufikurachman

Editor: Lugina Suciati Putri

Referensi:

bit.ly/Sumber_Forbes

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *