fbpx

Cara Meningkatkan SEO Artikel pada Website

Menerapkan SEO
Sumber: Glenn Carstens-Peters dari unsplash.com

Menurut riset Google, 74% pengguna internet menggunakan Google Search untuk mencari informasi produk. Sayang sekali jika website yang kamu miliki tidak terjamah oleh target pasar hanya karena tidak menerapkan SEO yang baik.

Website yang Minim Pengunjung

Website merupakan portal digital serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti memajang hasil karya ataupun mengenalkan bisnis yang sedang kamu kembangkan. Namun hal yang krusial jika bisnismu tidak dilirik oleh pengunjung internet hanya karena website-mu susah ditemukan. Pertanyaannya, sudahkah kamu sudah menerapkan SEO?

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, merupakan sebuah cara atau metode yang bertujuan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Terdapat dua jenis SEO, On-Page dan Off-Page, kali ini webcorner fokus pada SEO On-Page terlebih dahulu. Sekadar tahu saja tidak cukup, tentu kamu harus tahu bagaimana meningkatkan SEO pada website dengan optimal. SEO yang baik perlahan-lahan akan meningkatkan peluang website untuk ditemukan oleh mesin pencari, bahkan tidak mustahil website yang kamu miliki dapat berada di jajaran teratas dalam baris pencarian.

Langkah Mudah Meningkatkan SEO

Ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas SEO On-Page pada artikel. Yuk! coba terapkan 4 langkah mudah meningkatkan SEO berikut.

Buatlah URL Website Kamu Sesederhana Mungkin

URL merupakan identitas pertama yang dikenali oleh pengunjung website. URL yang terlalu rumit akan sulit diingat oleh pengunjung, usahakan URL dibuat tidak terlalu panjang dan tidak rumit agar mudah diingat.

Buatlah Judul Artikel yang Unik

Judul artikel pada website dapat muncul pada baris pencarian, usahakan buat judul yang eye catching agar pembaca dapat langsung tertarik hanya dengan melihatnya saja. Judul dapat dibuat dengan unsur numerik atau dengan sebuah pertanyaan (how, why, what), namun tetap harus sesuai dengan isi artikel.

Tambahkan Gambar yang Menarik

Gambar digunakan sebagai informasi tambahan dari artikel agar pembaca dapat dengan mudah membayangkan tulisan yang mereka baca. Selain itu, gambar dapat menjadi variasi sehingga sebuah artikel tidak melulu tulisan yang terkesan monoton. Gunakan gambar yang telah dikompres agar dapat dimuat dengan cepat, ukuran gambar yang terlalu besar akan dapat menurunkan kinerja website.

Gunakan Subheading

Pembaca akan bosan dan cenderung mencari inti bacaan, sehingga paragraf yang berisi kalimat yang banyak akan memusingkan pembaca. Bagilah artikel ke dalam beberapa bagian yang mengandung 2-4 kalimat saja, lalu gunakan subheading sebagai awalan pada setiap paragraf yang telah dibagi.

Segera Terapkan SEO pada Artikelmu!

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah cara atau metode yang bertujuan agar website dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Dengan menerapkan langkah-langkah tadi diharapkan dapat meningkatkan kunjungan pada artikel yang kamu tulis. Yuk, segera terapkan SEO agar banyak orang yang membaca artikelmu!

Penulis: Hibar Taufikurachman

Referensi:

https://dailysocial.id/post/laporan-google-indonesia-lebih-dari-70-orang-indonesia-mencari-informasi

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *