fbpx

Brand Awareness: Belajar dari Rachel Venya

Sumber Foto: kompas.com

Brand awareness? Apa itu? Sobby tahu Rachel Venya? Bukan tentang isunya tetapi brand miliknya yang bejibun dimana-mana. Yuk, kita belajar brand awareness dari Rachel Venya!

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek, menunjukkan kesanggupan konsumen atau calon pembeli dalam mengingat kembali (recognize) atau mengenali (recall) bahwa suatu merek merupakan suatu bagian dari kategori produk tertentu, menurut Durianto, et al (2004, halaman 54).

Ketika sebuah merek memiliki brand awareness yang tinggi maka semakin mudah dikenali dan diingat jika ada hal-hal yang berkaitan dengan merek tersebut. Tujuan dari komunikasi marketing sebuah produk adalah brand awareness yang tinggi.

Piramida Kesadaran Merek

Terdapat beberapa tingkatan dalam brand awareness yang bisa digambarkan dengan piramida. Oleh karena itu, disebut dengan Piramida Brand Awareness. Level terendah dari piramida adalah konsumen tidak mengetahui atau unaware of brand. Level di atasnya adalah pengenalan merek atau brand recognition. Selanjutnya, level ketiga adalah pengingatan kembali merek atau brand recall. Level terakhir adalah puncak pikiran atau top of mind.

(Durianto et al, 2004, halaman 55, dilansir dari website hestanto.web.id)

Rachel Venya dan Piramida Kesadaran Merek

Apakah Sobby tahu brand-nya Rachel Venya? Kalau Sobby belum tahu berarti brand-nya Rachel Venya terhadap kalian masih di level yang terendah yaitu unaware of brand.

Kemudian kalian jadi tahu terhadap brand-nya Rachel Venya setelah Rachel memposting tentang brandnya di instagram atau Twitter. “Oh, ternyata ada Ngikan! Brand miliknya Rachel Venya!” ujar Sobby ketika setelah tau postingan dari Rachel. Sobby jadi mau mencoba makan Ngikan itu. Ini ada di tahap brand recognition.

Setelah mencoba dan ternyata enak. Kalau mau makan ikan pasti Sobby mengingat tempat makan yang enak di mana dan ternyata Ngikan jadi pilihan Sobby untuk makan ikan lagi. Kalau ada sesuatu yang berkaitan dengan Rachel Venya dan Ngikan maka Sobby akan ingat tentang brandnya.  Level ini disebut brand recall.

Setelah waktu berlalu, Sobby kemudian selalu ingat kalau Rachel Venya dan Ngikan. Maka itu sudah di tahap tertinggi, top of mind. 

Yuk, Bangun Brand Milikmu!

Brand awareness dapat ditingkatkan ketika brand-mu muncul di search engine result pages. Oleh karena itu, website bisa menjadi pilihan kamu untuk meningkatkan brand awareness dengan cara memasang ads pada website Sobby. Jadi, kontak Webby untuk membuat website milikmu yaa! Salam hangat! (Mismailfaruqi)

Referensi:

https://www.hestanto.web.id/brand-awareness-kesadaran-merek/

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *