fbpx

Bahasa Pemrograman Web yang Cocok Untuk Pemula!

Bahasa Pemrograman
Sumber: Sigmund dari unsplash.com

Banyak orang yang baru belajar pengembangan web kebingungan akan bahasa pemrograman yang harus dipelajari terlebih dahulu. Apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir, disini kamu akan tahu bahasa pemrograman mana yang cocok dan situs referensi yang dapat menambah pengetahuanmu seputar pengembangan web.

Good to Know

Bahasa pemrograman web adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah website yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan pemilik website tersebut.

Lalu apa itu website? yaitu kumpulan informasi berbasis web yang disajikan dalam internet pada domain tertentu yang bertujuan agar pengguna internet dapat mengakses konten-konten di dalamnya. Mungkin kamu sering melihat situs-situs web perusahaan digital yang memiliki tampilan elegan dan enak dipandang, contohnya saja halaman website WebCorner. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya?

Pengembangan Web

Mari mengenal siapa orang-orang dibalik website yang sering kamu lihat itu. Mereka adalah web developer, sebuah pekerjaan dalam dunia teknologi informasi yang bertugas merancang, mengembangkan, dan merawat sebuah website. Apa yang mereka kerjakan umumnya disebut web development, sebuah ruang lingkup dunia digital yang populer dewasa ini karena perkembangan industri teknologi digital yang pesat.

Dengan kata lain, web developer bertanggung jawab dalam menghadirkan website yang dapat mempresentasikan nama perusahaan dalam lingkup digital. Apakah kamu terpikir ingin menjadi web developer? Bagaimana dengan gaji? Neuvoo menyebutkan rata-rata gaji web developer di Indonesia sekitar 6 juta, namun untuk perusahaan besar web developer dapat digaji di atas 10 juta.

Mengenal Bahasa Pemrograman Web Untuk Pemula

Hal yang harus kamu persiapkan pertama untuk bisa menjadi ahli dalam pengembangan web adalah niat belajar. Lalu, setelah itu kenali lah beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk merancang sebuah website. Dalam kacamata programmer, ada banyak sekali bahasa yang dapat digunakan untuk mengembangkan web. Namun, yang direkomendasikan adalah yang mudah digunakan dan dipahami, serta memiliki banyak referensi dan komunitas.

Bahasa pemrograman tercipta karena adanya demand dari sebuah kebutuhan industri teknologi sehingga untuk produk atau ruang lingkup yang berbeda, bahasa pemrograman yang digunakan juga berbeda. Contoh, dalam pengembangan game umumnya digunakan C++, C#, Python, dan Java. Lalu, dalam pengembangan aplikasi mobile ada Kotlin, Java, Swift, dan lain-lain.

Demikian pula dengan pengembangan web, bahasa pemrograman yang digunakan dapat berbeda tergantung kebutuhannya, dalam hal ini adalah mengembangkan sebuah website. Berikut rekomendasi 3 bahasa pemrograman web untuk kamu yang ingin berkenalan dan belajar mengembangkan sebuah website.

Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan selama 20 tahun terakhir baik dalam pengembangan web, game, desktop, ekstensi browser, dan masih banyak lagi. Dalam pengembangan web, Javascript digunakan agar halaman website yang dibuat menjadi lebih responsif dan dinamis.

Javascript sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar pengembangan web. Selain karena mudah dipahami, referensi belajar untuk Javascript sangat luas tersebar di internet sehingga kamu tidak perlu bingung harus belajar dari mana. Beberapa referensi belajar Javascript yang direkomendasikan untukmu yaitu Khan Academy, Learn JS, dan W3Schools.

HTML & CSS

HTML atau Hypertext Markup Language merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat, menyusun, dan menampilkan teks maupun gambar pada halaman website. Hal yang jarang diketahui, secara teknis HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman.

CSS atau Cascading Style Sheets adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur visual website. Sama halnya dengan HTML, CSS juga bukan merupakan sebuah bahasa pemrograman. Lantas, mengapa HTML dan CSS disebutkan dalam daftar ini? Karena kombinasi keduanya sangat powerful dalam menyusun dan merancang sebuah website.

Selain itu, HTML dan CSS sering dikombinasikan dengan Javascript agar dapat menciptakan environment website yang baik dan responsif. Ibarat tubuh manusia, HTML dan CSS merupakan tulang dan kulit, sedangkan Javascript merupakan sistem sarafnya. Beberapa referensi belajar HTML dan CSS yaitu W3Schools, CodePen, dan masih banyak lagi.

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang juga dapat diterapkan ke dalam berbagai bidang teknologi digital berbeda. Dalam pengembangan web, HTML/CSS dan Javascript digunakan untuk merancang konten, tampilan, dan responsivitas website yang biasa disebut front-end. Ada front-end, ada juga back-end, nah disinilah Python digunakan. Dalam pengembangan web, bahasa Python digunakan untuk mengurus back-end atau segala hal yang berurusan dengan server dan database website.

Python populer digunakan karena merupakan salah satu bahasa yang memiliki penulisan paling sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Hal ini tentu cocok untuk kamu yang ingin mengenal dunia web development dengan mudah. Karena bahasa yang fleksibel dan mudah dipahami, tidak jarang Python digunakan orang-orang sebagai langkah awal dalam mengenal dunia programming.

Beberapa pilihan referensi belajar Python yaitu Python.org, Learn Python, Google Python Class, dan lain-lain. Jika kamu kesulitan memahaminya karena kendala bahasa, banyak referensi belajar yang dihadirkan dalam bahasa Indonesia diantaranya Belajarpython dan Pythonindo.

Mulai Belajar Sekarang!

Selain bahasa pemrograman dan referensi belajar di atas, masih banyak lagi tempat dan media lain seperti Youtube, online course, platform mobile yang bisa kamu jadikan sebagai referensi belajar. Hal yang paling penting adalah niat belajar, karena mempelajari sesuatu yang baru memang sulit pada awalnya. Maka dari itu, mulai saja terlebih dahulu. Yuk, mari belajar bahasa pemrograman web sekarang juga!

Penulis: Hibar Taufikurachman

Editor: Lugina Suciati Putri

Referensi:

http://bit.ly/Nuevoo_gaji_rata2_web_developer_di_indonesia

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *