fbpx

5 Strategi Pemasaran Yang Perlu Dilakukan di Media Sosial

Sumber: unsplash.com

Strategi pemasaran di media sosial dapat mengatasi kesulitan pebisnis memasarkan produknya. Lalu seperti apa strategi yang perlu dilakukan?

Mengapa Perlu Strategi Pemasaran di Media Sosial?

Sering kali kita mengalami kesulitan bagaimana menemukan strategi pemasaran di media sosial yang tepat untuk memasarkan produk. Apalagi bagi kamu yang baru saja memulai bisnis online di media sosial seperti bisnis makanan, pakaian, dan lain-lain. Pastinya kamu akan merasa bingung untuk memulainya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu seperti apa strategi pemasaran di medial sosial yang tepat agar langkah yang kamu lakukan dapat menghasilkan cuan!

Kamu Perlu Melakukan Ini!

Lalu apa saja strategi pemasaran yang perlu kamu lakukan di media sosial? Berikut kami akan berikan 5 strategi pemasaran yang perlu dilakukan di media sosial. Yuk simak penjelasannya!

1. Manfaatkan Fitur Ads

Pertama, media sosial memiliki fitur yang dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk. Salah satunya ialah fitur ads atau iklan berbayar yang cocok untuk menjadi strategi pemasaran di media sosial.

Pemanfaatan strategi ini bisa membantu kamu menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satunya dengan mengatur audiens yang ingin kamu raih. Misalnya seperti menentukan target wilayah, usia, dan jenis kelamin. Tujuannya agar kamu mampu menjangkau target audiens yang bukan hanya lebih luas, namun juga terukur.

Sebagai contoh, fitur ads di media sosial yang bisa kamu gunakan dapat berupa Facebook ads, Instagram ads, dan lain-lain. Dalam penggunaan fitur ads cukup mudah dan tidak memakan biaya yang sangat besar.

Kamu dapat mengikuti berbagai panduan yang terdapat di media sosial terkait secara gratis atau dapat mempelajarinya secara otodidak melalui YouTube.

2. Buat Konten Yang Menarik

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah membuat konten yang menarik sebagai salah satu strategi penting untuk kamu lakukan. Konten yang tidak menarik hanya akan membuat calon pelanggan tak kunjung membeli produkmu.

Membuat konten yang menarik berawal dari perencanaan konten yang matang. Sebagai contoh, kamu bisa memulai dengan menentukan konsep tampilan, membuat desain grafis menarik, dan menampilkan konten yang mengikuti tren di media sosial.

Konten yang menarik dapat berupa membuat feeds dengan tone warna yang senada di Instagram. Selain itu, kamu bisa menambahkan konten interaktif untuk menarik perhatian audiens.

Apabila kamu mengalami kesulitan membuat konten yang menarik, kamu dapat mengamati pelaku bisnis lain yang ada di media sosial. Lalu kamu adaptasi dan modifikasi sesuai dengan konsep yang kamu miliki. 

3. Tawarkan Promo Atau Paket Bundling

Strategi lain yang tak kalah penting untuk kamu lakukan di media sosial adalah menawarkan promo atau paket bundling. Langkah ini dapat kamu lakukan di waktu-waktu tertentu seperti perayaan hari besar.

Sebagai contoh, promo atau paket bundling bisa berupa potongan harga (discount), buy 1 get 1, atau paket bundling tiga item menarik dalam satu paket dengan harga khusus.

Dengan adanya tawaran promo atau paket bundling, audiens akan semakin tertarik dengan penawaran yang kamu berikan.

4. Permudah Akses Pembelian Produk

Keempat, strategi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memudahkan calon pelanggan dalam membeli produk. Dalam hal ini, akses pembelian produk yang terlalu rumit dan minimnya informasi contact person akan menyurutkan niat calon pelanggan untuk membeli produk kamu.

Salah satu cara memudahkan akses pembelian yaitu dengan menampilkan contact person di bio Instagram dengan membuat akun linktree. Tujuannya agar calon pelanggan bisa dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk membeli produk.

Selain itu, kemudahan akses pembelian produk juga harus memperhatikan kecepatan dalam membalas. Kecepatan membalas pada calon pelanggan tentu akan mempengaruhi performa toko online yang kamu miliki di media sosial.

Jadi, memiliki keterkaitan antara kemudahan pembelian produk dan kecepatan membalas pesan calon pelanggan akan meningkatkan penjualan pada bisnis online yang kamu miliki.

5. Libatkan Influencer Untuk Promosi Produk

Di media sosial kita dapat melihat terdapat beberapa akun memiliki pengikut yang cukup banyak. Kamu dapat melibatkan mereka untuk mempromosikan produk yang kamu miliki.

Tentunya kamu perlu menyesuaikan minat influencer terhadap produk yang kamu miliki. Tujuannya agar promosi yang kamu lakukan tepat sasaran dan meningkatkan potensi penjualan.

Sebagai contoh, kamu menjual produk komputer, maka kamu perlu mencari influencer yang rutin menggunakan komputer seperti gamers, reviewer produk elektronik, dan lain-lain.

Bentuk promosi dapat berupa endorsement melalui instagram story, feeds, dan lain-lain. Selain Instagram, kamu juga dapat melibatkan influencer yang terdapat di Facebook dan TikTok.

Mulai Sekarang Juga!

Kesimpulannya, strategi pemasaran sangat penting bagi para pelaku bisnis online di media sosial. Kamu bisa langsung menerapkan strategi di atas pada bisnis online milikmu. Menerapkannya bukanlah hal sulit. Kamu hanya perlu kecermatan dalam membaca peluang di setiap langkah supaya tujuan bisnis bisa tercapai.

Apabila kamu tertarik dengan informasi seputar digital marketing, kamu dapat mengikuti informasi terbaru yang kami sediakan di berbagai platform media sosial kami seperti di Instagram dan Twitter atau langsung menghubungi kontak yang tertera untuk konsultasi.

Penulis: Aqshal Akbar Yaasiino

Editor: Lugina Suciati Putri

Sumber:

https://whello.id/tips-digital-marketing/manfaat-instagram-ads-yang-wajib-diketahui-pebisnis-online/

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *