fbpx

Strategi Bisnis Setelah Pandemi Part 2

Apa itu organic marketing & paid marketing?

Kamu baru merintis bisnis UMKM, strategi bisnis apa yang cocok untukmu?

Strategi Bisnis
Photo by Carlos Muza on Unsplash

Strategi bisnis ada beragam, kali ini Webby akan membahas strategi Organic marketing & paid marketing. Kedua jenis pemasaran ini memiliki perbedaan pada sisi budget, coverage, dan effort yang diperlukan. Organic marketing fokus untuk membuat konten media sosial yang menarik dan tidak mengeluarkan biaya apapun. Sedangkan, paid marketing dilakukan pelaku bisnis untuk “berinvestasi” dengan beriklan di search engine Google atau media sosial.

Pertimbangan Organic Marketing

Organic Marketing tidak membutuhkan biaya apapun karena kamu hanya perlu membuat konten yang atraktif dan informatif untuk target market. Apabila kamu memutuskan untuk fokus pada konten media sosial kamu perlu sabar untuk meningkatkan awareness bisnis UMKM kamu. Bisa dianggap organic marketing adalah investasi jangka panjang yang tidak langsung menghasilkan keuntungan.

Pertimbangan Paid Marketing

Apabila kamu memiliki cukup modal untuk beriklan dan ingin meningkatkan awareness bisnis UMKM kamu secara pesat, kamu sebaiknya mencoba strategi bisnis paid marketing. Selain itu, kamu bisa menggunakan strategi paid marketing di berbagai platform yaitu Facebok, Instagram Feed, Instagram Story dan pada search engine Google. Salah satu platform strategis untuk melakukan paid marketing adalah pada search engine google. Kamu harus menggunakan Google Ads dan memiliki Website untuk menampilkan bisnis kamu pada search engine Google. Apa kelebihan dari Google Ads?

Bisnis UMKM kamu bisa muncul di hasil pencarian search engine ketika seseorang sedang mencari informasi yang memuat keyword website kamu. Contohnya, bisnis kamu adalah jasa cuci motor, apabila website kamu memiliki keyword “jasa cuci motor”, maka website bisnis kamu dapat muncul pada hasil pencarian Google saat kamu iklankan. Hal ini menunjukkan semakin banyak orang dapat mengetahui lokasi dan detail bisnis kamu. Wah menarik sekali bukan?

Kesimpulan

Baik organic maupun paid marketing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa menggunakan organic dan paid marketing secara bersamaan untuk mencapai goals awareness. Apakah kamu memutuskan untuk menggunakan strategi bisnis paid marketing? Bikin website bisnis kamu sekarang yuk! Ingin tahu caranya membuat konten website yang menarik? Kontak Webby aja untuk mendapatkan penawaran menarik website bisnis kamu.

Penulis: Ais Clara

Editor: Lugina Suciati Putri

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares