fbpx

4 Cara Mengembangkan Bisnis Online di Masa Pandemi

Sumber: unsplash.com

Persaingan bisnis online mengharuskan para pebisnis mulai mengembangkan bisnisnya di masa pandemi. Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan?

Belajar Mengembangkan Bisnis Online

Memahami cara mengembangkan bisnis online tentu dapat mengatasi persaingan bisnis yang semakin marak terjadi seiring munculnya pandemi covid-19. Meski demikian, perlu kecermatan bagi pebisnis dalam mengamati peluang untuk mengembangkan bisnis online di masa pandemi covid-19.

Lakukan Dengan Cara Ini!

Lalu bagaimana cara agar bisnis yang kita geluti dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat? Berikut kami akan merangkum informasi tentang cara mengembangkan bisnis online di masa pandemi covid-19. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mulai Berjualan di Marketplace

Marketplace merupakan suatu platform berbentuk website yang memfasilitasi pihak ketiga dalam memasarkan produk atau layanan kepada calon pembeli. Berjualan di marketplace merupakan pilihan yang tepat untuk memasarkan suatu produk secara online.

Berdasarkan informasi yang dilansir lifestyle.bisnis.com (2021), Evelyin Wu, General Manager Genie Indonesia, menjelaskan hampir 8 dari 10 pengguna internet di Indonesia, atau 150 juta orang, memiliki aplikasi e-commerce di ponsel mereka dan membeli secara online. Tentu hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis online dalam mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, berjualan di marketplace juga lebih aman dan mudah digunakan, sehingga membuat calon customer semakin senang untuk berbelanja di toko online yang kita miliki.

Namun kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai kompetitor yang ada di marketplace. Tujuannya agar produk yang kamu jual memiliki keunggulan dibandingkan para kompetitor. 

2. Optimalisasi Media Sosial

Kedua, melakukan optimalisasi media sosial juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis online. Memulai optimalisasi media sosial bisa dengan mengenali audiens yang akan menjadi target produk kamu.

Setelah mengenali audiens, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan merencanakan konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Mulai dari mempersiapkan pesan yang ingin disampaikan seperti bagaimana informasi produk kamu, hingga solusi atas kebutuhan audiens.

Kamu juga perlu melakukan analisis data audiens guna menentukan media sosial yang memiliki jumlah audiens tertinggi. Lalu fokuslah pada media sosial yang telah terbukti menjaring para audiens yang akhirnya berhasil menjadi pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan. 

3. Membuat Website Penjualan Produk

Cara ketiga yang tak kalah penting dengan membuat website sendiri dalam penjualan produk. Memiliki website dapat meningkatkan penjualan bisnis online yang kamu miliki. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko persaingan harga yang ketat di marketplace.

Dengan adanya website, produk yang kamu miliki akan berpotensi mengalami peningkatan nilai produk dan terkesan lebih profesional, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk membuat website demi mengembangkan bisnis online di masa pandemi covid-19.

Penyedia jasa pembuatan website telah menjamur di internet. Salah satu jasa pembuat website yaitu Web Corner yang menyediakan berbagai penawaran menarik bagi pelaku UMKM yang ingin memiliki website untuk penjualan produk.

4. Meningkatkan Inovasi Produk

Setelah memperluas pasar dengan mengoptimalkan audiens hingga platform penjualan. Kamu juga dapat memikirkan tentang pentingnya inovasi produk yang kamu miliki. Meski demikian, inovasi produk tentu harus sesuai dengan kebutuhan audiens yang telah kamu analisis.

Kamu dapat menambah varian dari produk yang kamu miliki, sehingga memiliki berbagai pilihan untuk calon pelanggan. Sebagai contoh, apabila kamu menjual produk camilan, kamu dapat menambahkan toping rasa baru atau menawarkan pilihan produk makanan atau minuman baru dengan kemasan yang lebih praktis.

Tujuan adanya inovasi produk guna menambah nilai kompetitif. Selain itu, inovasi produk dapat meminimalisir persaingan, meningkatkan penjualan jangka panjang, dan mengakomodir kebutuhan pelanggan.

Ambil Kesempatanmu!

Itulah pembahasan yang dapat kamu terapkan pada bisnis yang sedang kamu jalani. Dengan mencermati persaingan bisnis melalui pengembangan bisnis, tentu akan memberikan kesempatan bertahan pada bisnis yang kamu jalani di tengah pandemi covid-19.

Penggunaan website dapat menjadi solusi bagi kamu untuk mengembangkan bisnis online di masa pandemi. Apabila kamu tertarik mengenai penggunan website sebagai langkah pengembangan bisnis, kamu bisa kunjungi website Web Corner untuk mendapatkan informasi seputar pembuatan website dengan berbagai penawaran menarik!

Penulis: Aqshal Akbar Yaasiino

Editor: Lugina Suciati Putri

Referensi

https://lifestyle.bisnis.com/read/20210327/220/1373309/150-juta-orang-indonesia-punya-akun-ecommerce-92-jutanya-generasi-z
https://www.redcomm.co.id/knowledges/6-cara-mengoptimalkan-media-sosial-bisnis-anda-bisa-membuat-pelanggan-semakin-mengenal-produk-anda

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares