fbpx

8+ Peluang Bisnis Online di Media Sosial Saat Pandemi

Sumber: unsplash.com

Masa Pandemi Covid-19 ternyata membuka peluang bisnis yang dapat kamu jalani secara online.  

Peluang Bisnis Online di Balik Pandemi

Pandemi covid-19 telah membuka berbagai peluang bisnis online di media sosial. Selain itu, kampanye #dirumahaja bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Salah satu peluang bisnis online yang sedang tren saat masa pandemi yaitu permintaan terhadap berbagai produk makanan dan minuman. 

Catat Peluang Bisnis di Bawah Ini!

Lalu seperti apa contoh peluang bisnis online lainnya? Di artikel ini, kami akan memberikan berbagai ide bisnis terlengkap seputar peluang bisnis online di media sosial saat masa pandemi. Tanpa basa-basi, mari simak ulasannya dibawah ini!

1. Berjualan Produk Makanan Ringan

Pertama, menjual berbagai produk camilan dan makanan beku (frozen food) dapat menjadi peluang bisnis online di media sosial.

Sebagaimana dilansir liputan.com (2020) selama pandemi, BPS (Badan Pusat Staistik) mencatat penjualan online tertinggi masih dipegang sektor kuliner (makanan dan minuman) yang melonjak tajam hingga 1070 persen. 

Kamu bisa mulai menawarkan produk camilan dan makanan beku (frozen food) dengan melakukan promosi di media sosial. Selain tidak membutuhkan modal besar, promosi di media sosial memiliki potensi penjualan yang tinggi.

Meski demikian, perlu adanya strategi khusus dalam melakukan penjualan di media sosial. Oleh karena itu, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu seputar strategi pemasaran di media sosial.

2. Membuka Kelas Memasak

Dengan maraknya bisnis makanan dan minuman yang menjamur secara online di media sosial, kamu juga dapat membuka kelas memasak sebagai peluang bisnis. Membuka kelas memasak di masa pandemi sangat tepat bagi kamu yang memiliki keahlian memasak.

Hal ini dibuktikan akun Instagram @dapur_lindawaty yang telah memiliki puluhan member kursus dan mengalami kenaikan hingga empat kali lipat selama masa pandemi.

Selain membuka kelas memasak, kamu juga bisa merilis buku-buku resep yang dipromosikan di media sosial. 

3. Berjualan Produk Hobi

Menjual produk hobi adalah peluang besar yang sangat menguntungkan. Sama halnya dengan produk lain, kamu bisa menjual produk hobi melalui komunitas hobi yang tersedia di berbagai platform media sosial.

Tagar kampanye #dirumahaja mengharuskan masyarakat untuk tidak bepergian selama masa pandemi. Hal ini menimbulkan keinginan masyarakat untuk mencari kesenangan melalui hobi.

Sebagaimana Sheylla, warga kota Kediri, Jawa Timur yang memanfaatkan peluang bisnis dengan menjual produk hobi. Sheylla menjual produk tanaman hias yang ia jual melalui akun Instagramnya @justsheplant.

Bahkan, produk tanaman hias milik akun Instagram @justsheplant di-repost oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Hal ini berdampak pada meningkatnya penjualan hingga mencapai 10-15 order setiap hari.

Tentu masa pandemi dapat menjadi peluang bagi kamu yang ingin menggeluti bisnis online. Oleh karena itu, kamu bisa segera berjualan produk hobi di berbagai platform media sosial.

4. Berjualan Produk Fashion

Produk fashion juga mengalami peningkatan penjualan selama masa pandemi. Peluang menjual berbagai produk fashion dapat menjadi pilihan menarik untuk kamu lakukan.

Masa pandemi ternyata tidak menghalangi antusias masyarakat terhadap produk fashion. Pergantian tren yang dinamis membuat masyarakat berlomba-lomba untuk selalu mengikuti tren fashion.

Sebagaimana dilansir dari lifestyle.bisnis.com (2021), Febby Rastanty, Public Figure & Fashion Enthusiast mengatakan bahwa di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari dan kondisi pandemi yang serba terbatas, dia merasa kebutuhan fashion untuk tetap tampil stylish sudah menjadi gaya hidup yang harus selalu terpenuhi.

Sebagai contoh, berberapa produk fashion yang bisa kamu jual dapat berupa baju, hoodie, dan lain-lain. Caranya bisa dengan membuat brand sendiri maupun menjual produk fashion bekas atau thrift shop.

Contoh peluang di atas dapat menjadi opsi bagi kamu untuk membuka peluang bisnis online produk fashion di masa pandemi.

5. Membuka Jasa Menulis

Membuka jasa menulis ternyata dapat menjadi peluang bisnis bagi kamu. Sebagai contoh yaitu akun Instagram @jasatulisjkt yang berhasil meraup keuntungan di masa pandemi.

Jasa ketik yang bisa kamu tawarkan dapat berupa salinan tugas mulai dari tulis tangan, ketik, power point, hingga menulis bahasa arab. Namun, setidaknya kamu perlu memiliki kemampuan menulis seperti menguasai teknik menulis cepat dan memahami Microsoft Office tools agar dapat memuaskan calon customer.

Membuka bisnis online seperti jasa menulis tidak memerlukan modal yang besar, sehingga dapat menjadi pilihan bagi kamu untuk memulai bisnis online di media sosial.

6. Membuka Kelas Belajar Bahasa

Bagi kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris, Korea, atau Mandarin, membuka kelas bahasa dapat menjadi pilihan untuk membuka bisnis online di media sosial.

Sebagaimana dilansir koran.tempo.co (2021) dari laman resmi Duolinggo, menyebutkan bahwa saat pemberlakuan pembatasan berskala besar atau lockdown terdapat kenaikan pengguna baru hingga 30 juta orang secara global.

Hal ini membuktikan bahwa antusias masyarakat terhadap belajar bahasa asing di masa pandemi mengalami kenaikan yang signifikan.

Kenaikan antusias belajar bahasa yang terjadi dapat kamu manfaatkan dengan membuka kelas belajar bahasa yang dipromosikan melalui media sosial dan dilakukan secara online class.

7. Berjualan Produk Kesehatan

Pandemi covid-19 mendesak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya. Berjualan produk kesehatan menjadi peluang besar dalam memulai bisnis online di masa pandemi.

Terbukti menurut survey Nielsen yang dilansir antaranews.com (2020), produk kesehatan paling banyak dicari selama pandemi covid-19. Produk kesehatan tersebut berupa produk makanan dan minuman yang kaya akan gizi seperti yoghurt, susu, hingga suplemen. Selain itu juga terdapat produk sanitasi seperti hand sanitizer, masker, dan tissue.

Kamu dapat menjual produk kesehatan di media sosial dengan strategi penjualan produk paket bundling. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memberikan penawaran dengan harga khusus agar penawaran menjadi lebih menarik.  

8. Membuka Kelas Belajar Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, kamu dapat membuka kelas belajar desain grafis secara online dengan tarif yang kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya hal ini akan menjadi peluang bisnis di masa pandemi.

Perubahan pola penjualan produk maupun jasa yang serba online mengharuskan pelaku bisnis mengemas promosi produk semenarik mungkin. Namun, kemampuan desain grafis sering menjadi kendala dalam mempromosikan produk di media sosial, sehingga menjadi kesempatan besar kamu untuk membuka kelas belajar desain grafis.

Selain itu, kamu juga dapat memulai dengan membuat materi pembelajaran seperti e-book untuk memudahkan orang mengakses materi yang ingin kamu tawarkan.

9. Membuka Jasa Titip Produk

Selain peluang di atas, membuka jasa titip produk (jastip) bisa menjadi alternatif bagi kamu yang bingung untuk memulai bisnis tanpa memiliki produk maupun keahlian jasa.

Bagi kamu yang suka berbelanja, rajin berburu diskon atau tinggal di luar negeri, sangat cocok untuk menggeluti bisnis online di bidang jasa titip produk. Produk yang kamu tawarkan bisa berupa produk makanan, fashion, hobi, dan lain-lain. 

Pemberlakuan pembatasan sosial mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah, sehingga sulit untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Oleh karena itu, kamu dapat menyediakan jasa titip produk untuk menjawab kesulitan masyarakat.

Ayo Pilih Peluang Terbaikmu!

Kesimpulannya, banyak peluang bisnis online di media sosial yang dapat kamu pilih saat masa pandemi. Kamu dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial yang tersedia. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.

Kunci keberhasilan dari memulai bisnis online di media sosial adalah cermat dalam melihat peluang dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, konsistensi juga menjadi faktor keberhasilan dalam berbisnis online. 

Apapun bisnis yang kamu pilih, semoga dapat menjadi peluang bagi kamu untuk mencapai kesuksesan di tengah keterbatasan pandemi covid-19. Jadi, manakah peluang bisnis yang akan kamu pilih?

Apabila kamu ingin mengetahui seputar bisnis online, digital marketing, dan lain-lain dapat langsung menuju website WebCorner untuk mendapatkan berbagai informasi menarik!

Penulis: Aqshal Akbar Yaasiino

Editor: Lugina Suciati Putri

Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4435028/transaksi-kuliner-online-naik-350-persen-selama-pandemi-frozen-food-termasuk-yang-terlaris
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4350471/kursus-masak-online-dapur-lindawaty-hasilkan-ribuan-ukm-di-masa-pandemi#
https://surabaya.liputan6.com/read/4284047/salurkan-hobi-hingga-jadi-bisnis-saat-pandemi-covid-19
https://lifestyle.bisnis.com/read/20210211/104/1355329/penjualan-fesyen-tetap-bertumbuh-di-masa-pandemi
https://finance.detik.com/solusiukm/d-5348730/unik-ada-jasa-tulis-tugas-saat-pandemi-cuannya-bikin-ngiler
https://koran.tempo.co/amp/gaya-hidup/461770/ramai-ramai-belajar-bahasa-asing-secara-daring
https://www.antaranews.com/berita/1701074/akademisi-produk-kesehatan-paling-dicari-warga-saat-pandemi-covid-19

Submit your response

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shares